RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: SDN 1 Plalangan
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi
Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 2 x 35 menit
(1 X pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
A. Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka
tubuh manusia dengan fungsinya
B.
Indikator
1.
Kognitif
Produk :
a. Mengumpulkan data dengan
mengamati rangka pada manusia
b. Mendeskripsikan rangka manusia
hasil pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Proses :
a. Memecahkan masalah sehari-hari
yang berhubungan dengan rangka pada manusia.
b. Menyelesaikan tugas pertanyaan
dalam LKS secara kelompok maupun secara individu
2.
Afektif
Perilaku karakter siswa
a. Mengembangkan sikap/ tekun saat
melakukan diskusi kelompok tentang rangka manusia.
b. Mengembangkan sikap rasa ingin
tahu saat melakukan diskusi kelompok.
c.
Megembangkan kerja keras/pantang menyerah saat
menyelesaikan tugas baik secara kelompok maupun individu dalam mengerjakan
rangka manusia.
3.
Psikomotorik
Mengerjakan soal
C.
Tujuan Pembelajaran**:
1.
Kognitif
Produk
a. Diberikannya permasalahan yang
berkaitan dengan rangan manusia agar siswa dapat memahami fungsi serta
menggunakan kreativitasnya dengan baik dan benar.
b. Diberikanya soal tentang rangka
manusia agar siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan
sistematis dan benar.
Proses
a. Diberikannya tugas tentang
rangka manusia diharapkan siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari dengan baik dan benar.
b. Diberikannya pertanyaan yang
diberikan dalam LKS dengan berpedoman pada buku siswa dalam menyelesaikannya
dengan baik dan benar.
2.
Afektif
a. Dengan memahami rangka manusia,
siswa memiliki sikap teliti/cermat saat melakukan diskusi kelompok tentang
rangka manusia dengan baik dan benar.
b. Dalam kegiatan pembelajaran,
siswa dikembangkan sikap rasa ingin tahu, kritis, berfikir terbuka produktif
saat melakukan diskusi kelompok.
c.
Melalui pemahaman tentang rangka manusia, siswa
dapat menyajikan hal-hal tentang rangka manusia secara kelompok maupun individu
dengan kreatifnya sendiri.
3.
Psikomotorik
Diberkiannya soal, siswa
melakukan pekerjaan untuk menyelesaikanya soal yang diberikan dengan baik dan
benar.
D. Materi Essensial
Rangka
dan Panca Indera Manusia
o Mengenal
Rangka Manusia
o Bagian
rangka
o Fungsi
rangka
E.
Metode dan Model
Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Ceramah dan praktek
Model Pembelajaran : Constectual Cooperative Learning (CTL)
F.
Alat dan Bahan
Ø
Kerangka manusia
Ø
Gambar kerangka manusia
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
( + 10 menit )
No
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Keterlaksanaan
|
Rencana perbaikan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1
|
Guru
menyampaikan salam dan berdoa bersama-sama sebelum KBM dimulai
|
Siswa
menjawab salam dan dilanjutkan dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas
atau yang mewakili .
|
|
|
2
|
Guru
mengecek kehadiran siswa.
|
Siswa
menjawab panggilan guru.
|
|
|
3
|
Apersepsi
v Guru memberi pernyataan : Apakah bagian
yang keras dari tubuhmu?
v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
|
Semua
siswa menjawab “Tulang”
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
|
|
|
4
|
Orientasi
Menjelaskan
kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan
|
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
|
|
|
5
|
Motivasi
Guru
menjelaskan tentang Rangka manusia (Rangka kepala, rangka pembentuk badan,
rangka anggota gerak)
|
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
|
|
|
Kegiatan Inti (+
55 menit )
No
|
Kegiatan Inti
|
Keterlaksanaan
|
Rencana perbaikan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1
|
Fase
1 :
Mengorientasikan siswa pada masalah :
v Guru memberikan LKS untuk bahan diskusi
kelompok
v Guru mengjukan pertanyaan berkaitan dengan
pemahaman Rangka manusia dan menyajikannya.
|
Siswa
menerima LKS untuk bahan diskusinya, dan menanyakan jika ada hal-hal yang
kurang dimengerti atau kurang jelas.
|
|
|
2
|
Fase
2 :
v Guru meminta siswa untuk membentuk
kelompok.
v Guru menjelaskan aturan main kerja
kelompok.
|
Siswa
membentuk kelompok belajar dan memperhatikan penjelasan guru tentang tugas
kelompok.
|
|
|
3
|
Fase 3 :
v Guru meminta siswa untuk melakukan
percobaan dengan mengamati rangka manusia.
v Guru menggunakan media yang ada rangka manusia dan gambar rangka manusia.
|
Siswa melakukan percobaan dengan
mengamati rangka manusia.
|
|
|
4
|
Fase 4 :
Mengembangkan dan menyajikan hasil
pemecahan masalah
v Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan
hasil diskusinya.
v Guru memfasilitasi terciptanya diskusi
antar kelompok.
|
Salah
satu dari wakil kelompok menyajikan hasil diskusinya, kemudian ditanggapi
oleh kelompok yang lain.
|
|
|
5
|
Fase 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah.
v Guru membimbing siswa mengkaji ulang hasil
pemecahan masalah fase sebelumnya.
|
Siswa
mengkaji ulang atas hasil yang diperoleh dalam diskusi kelompoknya.
|
|
|
Penutup (+ 15
menit )
No
|
Kegiatan Penutup
|
Keterlaksanaan
|
Rencana perbaikan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1
|
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang baru dilakukan.
|
Siswa
membuat suatu kesimpulan dari hasil pembelajaran.
|
|
|
2
|
Guru
memberi tes lisan dan tulisan secara individu
|
Siswa
menjawab dan mengerjakan tes tulis secara individu.
|
|
|
3
|
Guru meriview kembali materi yang telah didiskusikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
|
Siswa
mencatat PR yang diberikan guru dan mendengarkan materi yang akan disampaikan
materi selanjutnya.
|
|
|
H.
Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran
q
Buku Pelajaran IPA untuk Sekolah Dasar Kelas 4 Aprilia,
Afifatur Achyar BSE.
q
Black board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan
tulis
I.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Uraian
Instrumen
1.
Tulang
apa saja yang membentuk lengan?
2.
Apakah
fungsi dari rangka?
3.
Tulang
apa saja yang membentuk rongga dada?
4.
Tuliskan
perbedaan antara tulang rusuk sejati, tulang rusuk palsu, dan tulang rusuk
melayang!
5.
Apa
perbedaan tengkorak bayi dan tengkorak orang dewasa?
……………………,……….…………………2012
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Kelas IV
_____________________ ______________________
KERANGKA
MANUSIA
Fungsi rangka pada tubuh
manusia adalah sebagai berikut.
1.
Menegakkan
tubuh.
Tubuh kita dapat berdiri tegak,
duduk, dan berbaring karena adanya rangka.
2.
Memberi
bentuk tubuh.
Tubuh kita tidak hanya berbentuk lurus. Bentuk
bagian tubuh kita bermacam-macam. Contohnya pada wajah kita ada mata, hidung,
dan mulut yang bentuknya berbeda. Perbedaan bentuk tersebut disebabkan oleh
adanya rangka.
3.
Membantu
tubuh kita agar bisa bergerak.
Tubuh
kita dapat bergerak dengan baik karena adanya rangka. Rangka merupakan alat
gerak pasif.
4.
Melindungi
organ yang ada di dalam tubuh.
Rangka juga berfungsi untuk melindungi organ bagian
dalam tubuh kita. Contohnya jantung dan paru-paru kita dilindungi oleh tulang
rusuk.
5.
Membentuk
sel darah.
Bagian tulang yang disebut sumsum tulang berperan
penting dalam pembentukan sel darah.
Rangka tubuh
manusia terdiri atas rangka kepala, rangka penyusun badan,dan rangka penyusun
anggota gerak.
1. Rangka Kepala
(Tengkorak)
Tengkorak
adalah tulang-tulang pipih yang saling berhubungan membentuk kepala. Tengkorak
berfungsi melindungi organ yang sangat penting yaitu otak. Jika tidak ada
tengkorak, maka otak akan mudah rusak. Perhatikan gambar berikut!
Tengkorak
membentuk kepala dan rangka wajah. Tulang-tulang yang menyusun tengkorak bagian
kepala adalah tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang tengkorak belakang, tulang
pelipis, dan tulang baji. Adapun tulang-tulang yang menyusun rangka wajah,
antara lain tulang mata, tulang hidung, tulang pipi, rahang atas, dan rahang
bawah. Jumlah seluruh tulang yang menyusun tengkorak adalah 29 ruas tulang.
2. Rangka
Pembentuk Badan
Rangka
pembentuk badan terdiri atas tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang
gelang bahu, dan tulang gelang panggul. Rangka pembentuk badan memiliki
beberapa fungsi, antara lain:
1.
penyangga tubuh kita agar dapat berdiri tegak;
2.
pelindung organ bagian dalam, terutama bagian jantung dan paru-paru yang
dilindungi oleh tulang rusuk;
3.
pembentuk tubuh, sehingga kita bisa membedakan bahu, punggung, pinggang, dan
pinggul.
Tulang-tulang
yang menyusun rangka pembentuk badan :
a.
Tulang
belakang
Tulang belakang tersusun atas
tulang-tulang pendek yang saling berhubungan. Tulang belakang tersusun atas 33
ruas tulang. Tulang-tulang yang menyusunnya antara lain:
Ø 7 ruas tulang leher,
Ø 12 ruas tulang punggung,
Ø 5 ruas tulang pinggang,
Ø 5 ruas tulang kelangkang yang
bersatu, dan
Ø 4 ruas tulang ekor.
b.
Tulang
dada
Tulang dada terletak di antara
tulang rusuk. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga dada. Jika kamu
ingin mengetahui letak tulang dada, tekanlah bagian tengah dadamu.
c.
Tulang
rusuk
Tulang
rusuk berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru. Tulang rusuk terdiri
atas:
Ø 7 pasang tulang rusuk sejati,
Ø 3 pasang tulang rusuk palsu,
dan
Ø 2 pasang tulang rusuk melayang.
d.
Gelang
bahu
Bahu
manusia tersusun atas dua tulang, yaitu tulang selangka dan tulang belikat.
e.
Gelang
panggul
Gelang
panggul terletak pada badan bagian bawah. Gelang panggul tersusun atas tulang
pinggul dan tulang kemaluan.
3. Rangka Anggota
Gerak
Rangka
anggota gerak adalah rangka yang terdapat pada lengan dan kaki.
Rangka
pada lengan disebut anggota gerak atas. Rangka pada kaki disebut anggota gerak
bawah. Tulang-tulang yang membentuk anggota gerak atas adalah:
a.
tulang lengan atas,
b.
tulang hasta,
c.
tulang pengumpil,
d.
tulang pergelangan tangan,
e.
tulang telapak tangan, dan
f.
tulang ruas jari.
Rangka
pada kaki berguna untuk membantu gerakan kaki seperti berjalan dan berlari.
Anggota gerak bawah tersusun atas beberapa tulang, antara lain:
a.
tulang paha,
b.
tulang tempurung lutut,
c.
tulang kering,
d.
tulang betis,
e.
tulang pergelangan kaki,
f.
tulang telapak kaki, dan
g.
tulang jari kaki
LEMBAR KERJA
SISWA
1.
Bentuklah
sebuah plastisin menjadi bentuk kotak 1 buah, bulat 1 buah, dan lonjong 4 buah!
Gabungkan plastisin tersebut sehingga membentuk orang-orangan
2.
Lakukan
hal yang sama untuk plastisin yang lain! Satukan plastisin tersebut sehingga
membentuk orang-orangan! Kemudian sematkan lidi pada bagian kepala, badan
(kotak), lengan, dan kakinya!
3.
Tegakkan
kedua boneka plastisin tersebut! Amatilah boneka manakah yang dapat berdiri
tegak dengan baik!
Pertanyaan :
1. Boneka manakah yang dapat
berdiri tegak? Mengapa ?
2. Apa yang dapat kamu simpulkan
dari kegiatan ini ?
LEMBAR PENGAMATAN
(DISKUSI)
Satuan Pendidikan
: Sekolah
Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Semester : Ganjil
Materi : Kerangka Manusia
Kelas : IV
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang Dinilai Dan Perolehan Skor
|
Keterangan
(Penskoran)
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
Jumlah
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
4=
Amat baik
3=
Baik
2=
Cukup
1=
Kurang
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek
:
A. Kemampuan mengemukakan pendapat
B. Kemampuan bertanya
C. Kemampuan mempertahankan
pendapat
D. Penguasaan subtansi materi
Nilai Akhir =
x 100%
LEMBAR PENGAMATAN
(DISKUSI)
Satuan Pendidikan
: Sekolah
Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Semester : Ganjil
Materi : Kerangka Manusia
Kelas : IV
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang Dinilai Dan Karakter Siswa
|
Keterangan
(Penskoran)
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
BT=
Belum terlihat
MT=
Mulai terlihat
MB=
Mulai berkembang
MK=
Menjadi Karakter
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek
:
A. Teliti/tekun
B. Rasa ingin tahu
C. Kerja keras/pantang menyerah
D. Kritis / berfikir terbuka
produktif
Nilai Akhir =
x 100%
Catatan
Khsusus :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar